oleh

Kunker ke Kodim Palopo, Danrem 141 Toddopuli Tegaskan Netralitas TNI di Pemilu

-News-5 views

Lepongannews.com-Luwu Raya – Danrem141 Toddopuli Brigadir Jenderal TNI Sugeng Hartono, kembali menegaskan tentang Netralitas TNI saat memberikan pengarahan di hadapan personel Kodim 1403/Palopo baik militer maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan juga Ibu-ibu anggota Persit, Senin 6 November 2023 bertempat di Makodim setempat.

Danrem yang didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Koorcab Rem 141 Toddopuli, Nyonya R.R Endang Sugeng melakukan kunjungan kerja (Kunker) pertamanya di Kodim 1403/Palopo pasca memegang tongkat kepemimpinan Korem 141/Toddopuli didampingi Kasilog Korem 141 Toddopuli Kolobel Inf Agussalim dan disambut Dandim 1403 Palopo, Letkol Inf Apriadi Nidjo.

Menurut Danrem, Netralitas TNI merupakan komitmen yang harus dilaksanakan oleh seluruh Prajurit TNI yang merupakan kebijakan dan amanah dari Pimpinan TNI yang harus dilaksanakan.

“Dalam tanggal 14 Februari 2024 akan dilaksanakan Pemilu, untuk itu mari kita jaga netralitas kita,” tegas Danrem.

Menurutnya, dalam ranah politik dan jati diri TNI yang profesional maka TNI/ Prajurit TNI tidak menggunakan hak pilihnya sehingga diharapkan fokus menjaga keutuhan NKRI sebagai hal yang utama dari kepentingan apapun.

Terkhusus kepada Keluarga TNI ataupun PNS yang memiliki hak pilih agar menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya sesuai hati nurani tanpa terpengaruh oleh siapapun.

Pada kesempatan ini juga, Danrem kembali mengingatkan masalah kewaspadaan dan keamanan wilayah.

Danrem juga menyinggung peran dan tugas Kodim sebagai satuan komando kewilayahan yang harus dapat melaksanakan pembinaan teritorial (Binter) secara baik dengan mengimplementasikan konsep baik-baik dengan rakyat.

“Kita harus dapat menjalin sinergitas yang baik dengan pemerintah daerah, Polri, para tokoh dan komponen masyarakat lainnya,” sebut Danrem.

Di akhir pengarahannya Danrem menyampaikan bahwa pemerintah akan menaikkan tunjangan kinerja Prajurit TNI termasuk juga tunjangan kinerja Babinsa yang cukup signifikan. Itu artinya pemerintah mempercayakan Babinsa sebagai ujung tombak keamanan negara, maka Danrem menghimbau kepada para Babinsa agar lebih interaktif dalam melaksanakan tugas pokok terutama dalam menjaga kondusifitas wilayah dan membantu memberdayakan warga masyarakat.

Untuk itu Danrem mengajak seluruh anggota untuk senantiasa bersyukur dan dapat memaksimalkan pelaksanaan tugas dengan sebaik-baiknya sebagai pertanggunganjawab kepada pemerintah, bangsa dan negara.

Setelah usai memberikan pengarahsn Markas Kodim, Danrem beranjak ke Koramil Wara dalam rangka pelepadan bibit ikan Nila dan tanam bibit jagung, esok hari gertolak ke Kodim 1414 Tana Toraja.

Pewarta: Mega/Yustus

Komentar