oleh

3 Lagi Warga Terpapar Positif Corona, Komang Krisna Ingatkan Disiplin Prokes Biar Sudah Divaksin

LEPONGANNEWS, LUWU UTARA – Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 melalui Juru Bicara (Jubir) Luwu Utara I Komang Krisna, SKM, M.Kes mengingatkan masyarakat di Bumi Lamaranginang untuk tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes) secara ketat, meskipun sudah menerima vaksin corona virus, karena masih ada kemungkinan bisa tertular virus tersebut.

“Kemungkinan terinfeksi corona virus masih ada walaupun sudah menerima vaksin. Namun demikian, vaksin dapat mengurangi resiko keparahan infeksi Covud-19 yang terjadi pada seseorang,” sebut I Komang Krisna pada media ini via whatsapp, Minggu 3 Oktober 2021 sore.

Masyarakat harus memahami walaupun vaksinasi corona virus memiliki manfaat untuk membentuk kekebalan khususnya mencegah perburukan gejala berat dan kritis bila terinfeksi, seorang penerima vaksin tidak akan sepenuhnya kebal dari infeksi virus corona.

Menurut Komang panggilan akrabnya bahwa, efektivitas vaksinasi corona virus hanya akan sempurna, jika upaya pencegahan penularan lainnya telah dilaksanakan, sehingga masyarakat tidak boleh terlena hingga melupakan upaya pencegahan primer, yakni penerapan protokol kesehatan (prokes) secara ketat dan disiplin setiap keluar beraktivitas.

“Kita harus mampu mengalahkan keegoan kita sejenak demi menuai hasil, yaitu pengendalian virus corona yang berdampak signifikan dan pada akhirnya akan beradaptasi, sehingga dapat hidup produktif tapi tetap aman dari virus corona, jika kita bersungguh-sungguh dan bahu-membahu menjalankan kebijakan ini,” terang I Komang Krisna yang juga Kepala Bidang Pencegahan Penyakit pada Dinas Kesehatan Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel).

Implementasi protokol kesehatan yang efektif harus juga memperhatikan prinsip-prinsip tertentu, agar dapat secara maksimal menekan peluang penyebaran virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19, khususnya di wilayah dengan laju penularan yang tinggi.

Masyarakat perlu mengetahui bahwa saat melakukan kegiatan, faktor tempat, kedekatan dan waktu sangat mempengaruhi besar peluang penularan dimana semakin terbuka tempatnya akan semakin terlindungi dari penularan virus corona antar orang lain.

Berdasarkan data pantauan covid-19 Lutra, hari ini Minggu 3 Oktober 2021 pukul 17.00 Wita, ada lagi warga Bumi Lamaranginang (Lutra, red) terpapar virus corona, dari Desa Patila Kecamatan Tana Lili 1 pasien, dari Desa Tarobok Kecamatan Baebunta 1 pasien dan 1 pasienndari Desa Taloto Kecamatan Seko.

” Masih ada 28 pasien yang dirawat di Luwu Utara,” sebut Komang seraya merincikan bahwa, masih ada 3 pasien dirawat di RSUD Andi Jemma Masamba, 2 oasien dirawat di RS Hikmah Masamba serta 23 orang di isolasi mandiri. (megasari)

Komentar

News Feed