oleh

Kenaikan Isa Almasih 13 Mei 2021 Bertepatan Idul Fitri, Mengingatkan Beda Tapi Indah dan Mesra

 

LEPONGANNEWS, LUTRA – Kenaikan Isa Almasih (Yesus) jatuh pada hari Kamis 13 Mei 2021 dan hari itu juga bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021 M merupakan hari Kemenangan untuk Islam dan Umat Nasrani diseluruh dunia.

Dimana umat Kristiani/Nasrani merayakan Kenaikan Yesus Kristus ke surga seperti yang tertulis dalam Al Kitab. Hari raya ini merupakan hari libur nasional di seluruh Indonesia.

“Walaupun 90 persen populasi penduduk Indonesia beragama Muslim, Kenaikan Isa Almasih (Yesys Kristus) ke Surga merupakan salah satu hari libur nasional, dan Kamis itu bertepatan dengan Idul Fitri. 13 Mei 2921, Beda itu Indah dan Beda tapi mesra untukmu IndonesiaKu,” ucap Yustus Jurnalis di Bumi Lamaranginang julukan Kabupaten Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu 12 Mei 2021.

Tradisi Kenaikan Yesus Kristus ke Surga, juga diperingati oleh semua umat Gereja Protestan dan Katolik di Indonesia. Bagi umat Nasrani, peristiwa puncak dari acara ini adalah 40 hari setelah Paskah. Lebih tepatnya perayaan Isa Almasih dilakukan 39 hari setelah Paskah.

Menurut Perjanjian Baru dari Alkitab (Injil) Yesus Kristus memiliki lima tonggak utama dalam hidupnya. Tonggak-tonggak ini meliputi: pembaptisan, transfigurasi, penyaliban, kebangkitan dan kenaikan. Di dalam Alkitab tersebut juga menyebutkan bahwa setelah Yesus Kristus disalib oleh orang Romawi, ia kemudian dibangkitkan.

Selama hidupnya setelah kebangkitan, Yesus Kristus berbicara kepada para rasul dan pengikutnya tentang ajaran-ajaran Allah. Setelah ini, Yesus Kristus naik ke Surga di hadapan sebelas rasul-rasulnya.

Hari raya Kenaikan Isa Almasih diperingati secara luas di seluruh Indonesia. Skala perayaan di setiap kota di Indonesia berbeda, tergantung dari besar kecilnya populasi komunitas umat Kristiani di kota tersebut. Banyak juga umat Kristiani di Indonesia yang merayakan hari Kenaikan Isa Almasih seperti layaknya perayaan hari raya di Eropa.

“Menghadiri Misa di Gereja Katolik, merupakan salah satu kegiatan yang seringkali dilakukan di hari Raya Kenaikan Isa Almasih di Indonesia. Detail acara Misa juga sangat beragam dan sangat tergantung dengan jenis Gereja tempat Misa, apakah Gereja Katolik san Protestan,” terangnya.

Secara umum, Misa yang dilakukan di Hari Kenaikan Isa Almasih membawa pesan positif dan membangun. Acara-acara yang dilakukan umumnya meliputi menyanyikan himne, doa-doa dan pujian, serta diskusi tentang Kenaikan Yesus Kristus. Topik-topik yang umum diangkat dalam diskusi ini mencakup Pengakuan Iman Rasul serta berbagai bagian dari Alkitab. Bacaan Alkitab pada Hari Kenaikan Isa Almasih seringkali berasal dari buku-buku Lukas dan Efesus yang ada dalam Alkitab.(megasari)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed